Pelantikan Pramuka Garuda MA Miftahul Ulum

Sebanyak 9 Pramuka Penegak Pangkalan Madrasah Aliyah (MA) Miftahul Ulum resmi dilantik menjadi Pramuka Garuda, Ahad (18/1/2024). Pramuka Garuda adalah tingkatan tertinggi dalam setiap golongan Pramuka. Bertempat di Pendopo Malowopati Kabupaten Bojonegoro, para Pramuka Garuda dilantik oleh Ka Kwarcab Bojonegoro, Kak Dra, Hj. Nurul Azizah, MM, yang juga selaku Sekda Bojonegoro.

Kak  Alfi selaku Pembina Pramuka MA Miftahul Ulum yang sekaligus anggota Kwaran Sukosewu menjelaskan bahwasanya untuk lolos menjadi Pramuka Garuda, ada banyak tahapan yang harus dilalui. Siswa harus sudah mencapai tingkatan terakhir dalam golongannya. Kemudian juga harus melalui tahapan penilaian yang dilakukan oleh tim khusus yang terdiri dari unsur Kwartir Ranting, Gugus Depan, orangtua, dan tokoh masyarakat.

“Pramuka Garuda adalah tingkatan tertinggi dalam gerakan Pramuka. Jadi, setelah dilantik ini, semoga anak-anak bisa menjadi teladan, mampu menebar kebermanfaatan, khususnya di Gugus Depan MA Miftahul Ulum, serta mau berbagi ilmu kepada adik-adik kelasnya.” Ucap Kak Alfi.

9 Anggota Pramuka penegak MA Miftahul Ulum yang dilantik menjadi Pramuka Garuda adalah:

  1. Kurniawan Dwi Yuliasto
  2. Muhammad Rizki Maulana
  3. Asyrofi
  4. Abdul Ghofur
  5. Wahyu Utomo
  6. Nafarida Al Mukaromah
  7. Fatikah Nur Andini
  8. Siti Nur Mu’ayyidah
  9. Tata Ilmi Ma’unah

Pelantikan Pramuka Garuda ini juga melibatkan orangtua dalam prosesi pelaksanaannya. Banyak momen haru saat prosesi pelantikan berlangsung, terlebih saat bagian sungkem kepada orangtua sebelum pembacaan sumpah.

“Sangat berkesan dan sangat terharu, tidak dapat dilukiskan dengan kata-kata,” ucap Ibu Mauidhoh, wali dari Tata Ilmi Ma’unah.

Ibu Mauidhoh berharap apa yang diucapkan anak-anak dalam  sumpah pelantikan Pramuka Garuda  bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mereka bisa menjadi anak yang berguna bagi keluarga serta masyarakat di sekitarnya di manapun nanti mereka berada.

“Terima kasih ustadz-ustadzah atas bimbingannya kepada anak-anak kami,” pungkasnya. (Es-Em)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *